by admin admin No Comments

Paytren Dicabut OJK, Apa Itu Investasi Syariah? Simak Penjelasan Ekonom Celios

TEMPO.CO, Jakarta – Ekonom sekaligus Director  Digital Economy Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda menjelaskan cara kerja bisnis investasi syariah imbas PT Paytren Aset Manajemen (PAM) dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 8 Mei 2024 lalu. 

“Perbedaan terletak pada prinsip produk dan pembagian keuntungan,” kata Huda kepada TEMPO melalui pesan singkat pada Minggu, 19 Mei 2024. 

Huda mengatakan secara prinsip, manajer investasi usaha bidang konvensional berpatokan pada pasar bebas. Maka dengan pasar bebas mendapatkan produk yang mencakup semua aspek. Namun, jika syariah, prinsip berdasarkan hukum Islam yang berlaku serta investasi ke produk tertentu saja. Khususnya produk halal. 

“Manajer investasi syariah tidak menanamkan investasi nasabah ke perusahaan yang mengandung unsur haram seperti bir atau produk yang mengandung babi,” tuturnya.

Sementara manajer investasi konvensional akan berpatokan kepada keuntungan yang diperoleh. “Kalau syariah berdasarkan pada bagi hasil atau rugi. Makanya memang produk investasi syariah sangat terbatas dan perlu niche (segmen pasar) market untuk berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia memiliki pasar yang cukup besar. Namun, sedikit yang memahami prinsip dan risikonya. “Maka kadang terjadi fraud (tindakan penyimpangan atau pembiaran memanipulasi Bank atau nasabah),” katanya.

Paytren didirikan Yusuf Mansur melalui PT Veritra Sentosa Internasional pada 10 Juli 2013. Akan tetapi, baru terdaftar sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran pada 2018, setelah dibekukan oleh Bank Indonesia pada 2017.

Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Oktober 2017, Paytren sempat dibekukan oleh Bank Indonesia karena tidak punya izin bisnis uang elektronik. Saat itu, BI menyatakan bahwa mereka ingin memastikan bahwa badan yang mengumpulkan dana dari masyarakat sejalan dengan peraturan BI. Dalam tiga tahun terakhir, Yusuf Mansur dikabarkan mencoba menjual Paytren namun tidak berhasil menemukan pembeli sampai akhirnya izin usahanya dicabut OJK.

Berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang diperoleh dalam proses pemeriksaan dan pengawasan lanjutan, OJK menetapkan Sanksi Administratif Berupa Pencabutan Izin Usaha Perusahaan Efek Sebagai Manajer Investasi Syariah kepada PT Paytren Aset Manajemen pada 8 Mei 2024. “Yang terbukti melakukan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan di sektor Pasar Modal dan PT Paytren Aset Manajemen,” demikian tulis OJK dalam pengumumannya.

Dengan dicabutnya izin usaha perusahaan, maka PT Paytren Aset Manajemen mendapatkan lima konsekuensi. Pertama, dilarang melakukan kegiatan usaha sebagai manajer investasi dan/atau manajer investasi syariah. Kedua, wajib menyelesaikan seluruh kewajiban kepada nasabah dalam kegiatan usaha sebagai manajer investasi jika ada.

Ketiga, wajib menyelesaikan seluruh kewajiban kepada OJK melalui Sistem Informasi Penerimaan OJK jika ada. Keempat, wajib membubarkan perusahaan paling lambat 180 hari setelah surat keputusan ini ditetapkan. Terakhir, dilarang menggunakan nama dan logo perseroan untuk tujuan dan kegiatan apapun, selain untuk kegiatan yang berkaitan dengan pembubaran perseroan terbatas.

DESTY LUTHFIANI | ANNISA FEBIOLA

Pilihan EditorDi Qatar Economic Forum, Prabowo Sebut Biaya Pembangunan IKN Tembus Rp 16 Triliun per Tahun

by admin admin No Comments

Jemaah Haji RI Mulai Bergerak ke Makkah Hari Ini, Perhatikan Tips Berikut!

Sejumlah umat Islam menghadap ka’bah seusai melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024). Foto: Sigid Kurniawan / ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green

kumparan Hadir di WhatsApp Channel

ADVERTISEMENT
Kepala daerah kerja (Kadaker) Makkah Khalillulrrahman Foto: Ahmad Romadoni/kumparan
ADVERTISEMENT

Tips bagi jemaah selama berada di Makkah

ADVERTISEMENT
Jemaah haji melakukan Tawaf Ifadah pada Rabu, 28 Juni 2023 (10 Zulhijah 1444 H). Mereka membawa payung warna-warni untuk melindungi diri dari teriknya mentari. Foto: Twitter/@HajMinistry
ADVERTISEMENT
Sejumlah umat Islam bermain dengan burung merpati di kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024). Foto: Sigid Kurniawan / ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT

Jangan pakai perhiasan berlebihan

ADVERTISEMENT
by admin admin No Comments

Festival Cenderawasih ditutup, perputaran uang capai Rp646 juta

ANTARA Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua sukses menggelar Festival Cenderawasih di eks Terminal Papua Trade Center Entrop pada 17-19 Mei. Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Faturachman saat menutup perhelatan, Minggu (19/5) malam, menyebut perputaran uang selama pelaksanaan festival mencapai Rp 646 juta. (Laksa Mahendra/Chairul Fajri/Nusantara Mulkan)

by admin admin No Comments

GWK Jadi Saksi Welcoming Dinner Delegasi World Water Forum ke-10

Badung, CNBC Indonesia – Pemerintah Indonesia menjamu para kepala negara dan para delegasi pada sambutan makan malam (welcoming dinner) di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Jamuan digelar dengan meriah dan sangat dinikmati oleh para delegasi negara peserta yang dihadiri sekitar 2.300 orang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut para delegasi dan tamu dengan menggunakan batik cokelat, ditemani oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mengenakan batik hijau. Tidak ketinggalan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang memakai batik cokelat tua dan PJ Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

President of The World Water Council Loic Fauchon pun hadir dan disambut langsung oleh Jokowi.


Para delegasi dan tamu juga menikmati pertunjukan musik khas Bali, serta nyanyian merdu dari Tompi dan Teddy Adhitya. Nyanyian keduanya pun disertai dengan tari-tari modern yang masih kental dengan budaya Tanah Air.

Sementara itu sajian menu yang menggugah selera juga disediakan seperti soto kudus, Belancang Beef Tenderloin hingga klapertart. Sedangkan bagi mereka yang tidak makan daging menu garangasem ikan bisa menjadi pilihan. Adapun untuk menu vegetarian tersedia pepes kembang tahu, binte, buntil daun pepaya dan aneka buah-buahan tropis. Chef yang dimandat untuk mengolah hidangan tersebut adalah Chef Vindex Tengker.

Pantauan CNBC Indonesia sejumlah kepala negara telah tiba di Bali dan menghadiri welcoming dinner di antaranya adalah Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri langka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere.

Kemudian Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso juga telah tiba, serta Mantan Presiden Hungaria Janos Ader yang hadir sebagai undangan spesial. Sementara Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch telah mengonfirmasi kehadirannya namun belum tiba di Bali.

Selain itu, tamu undangan lainnya dalam jamuan makan malam adalah 17 menteri atau pejabat setingkat Menteri di antaranya dari Australia, Brunei Darussalam, Tiongkok, Kongo, Mesir, Prancis, Kenya, Palestina, Filipina, Saudi Arabia, Senegal, Singapura, Tanzania, Timor-Leste, Tunisia, Persatuan Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Kemudian delegasi dari negara Brazil, Gambia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Meksiko, Mozambik, Belanda, Nigeria, Palau, Qatar, Kepulauan Solomon, Federasi Saint Kitts dan Nevis, Slovakia, Thailand, Turki, dan Vanuatu.

Turut hadir perwakilan Organisasi Internasional yaitu EU, Bank Dunia, IPU (diwakilkan DPR), serta Sekjen PBB (UNESCAP).

 

[Gambas:Video CNBC]


(bul/bul)