by admin admin No Comments

Cara Atasi Hubungan Pernikahan yang Mulai Terasa Membosankan

Ilustrasi pasangan yang bahagia. Foto: Q88/Shutterstock
Menjalin hubungan dalam ikatan pernikahan tentu ada pasang surutnya. Tak jarang rasa bosan timbul karena hubungan yang sudah cukup lama dengan pasangan dan rutinitas harian yang monoton serta melelahkan.

Saat sudah menikah dan memutuskan untuk memiliki anak, sering kali perhatian juga tercurah lebih besar pada buah hati. Sehingga Anda dan pasangan jarang menikmati waktu bersama yang benar-benar berkualitas seperti awal menikah atau saat pacaran.

Padahal seharusnya meski sudah menikah, ada baiknya Anda tetap memiliki waktu untuk diri Anda sendiri dan pasangan agar hubungan tetap harmonis, menyenangkan dan tak terjebak pada rutinitas yang menjemukan.

Melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan berdua mungkin bisa menjaga kembali keharmonisan seperti sedia kala. Lantas apa saja kegiatan tersebut? kumparan punya tipsnya!

5 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan

1. Coba kirim surat cinta

Love letter perlu ditulis sepenuh hati dan mencerminkan perasaan Anda dengan pasangan. Di dalam love letter cobalah tulis kembali hal-hal yang menjadi alasan Anda menyukai pasangan. Tulis kelebihan mereka yang selalu membuat Anda kembali “jatuh hati”.

Jika menemukan sumber masalah yang membuat hubungan terasa membosankan, coba tuliskan cara-cara menarik untuk mengatasinya. Surat cinta bisa Anda kirimkan saat momen spesial tertentu, misalnya saat Valentine, hari ulang tahun pasangan, anniversary, atau momen penting lainnya.

2. Beri kejutan satu sama lain

Ada banyak cara membangkitkan semangat untuk berduaan kembali dengan pasangan. Anda bisa memulainya dengan memberikan kejutan untuk satu sama lain. Bentuknya juga bisa berbentuk hadiah, dari yang biasa hingga yang spesial.
Anda perlu sesekali memberikan kejutan dengan memberikan hadiah perhiasan berlian yang punya makna spesial bagi pasangan. Ada berbagai koleksi perhiasan tersedia dan bisa dipilih, terutama dari THE PALACE Jeweler.

Kali ini, THE PALACE Jeweler kembali menghadirkan koleksi KASMARAN *Love Lock Series yang terinspirasi dari loket yang sangat populer di masa Victoria.

Koleksi ini menjadi lambang cinta, pengabdian, dan high fashion. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang ingin menunjukkan kembali rasa cinta dan “pengabdian” untuk memperjuangkan hubungan dengan pasangan.

Bagi THE PALACE Jeweler, perhiasan ibarat gembok dan kunci yang menjadi lambang cinta yang harus dijaga rapat-rapat. Perhiasan berlian tidak lekang oleh waktu, punya bentuk yang klasik, fashionable, dan menyimpan makna sentimental yang kuat.
Kombinasi bentuk gembok bernuansa Indonesia ini sangat cocok untuk hadiah ungkapan cinta bagi pasangan yang ingin kembali menunjukkan rasa kasmaran. KASMARAN *Love Lock ini terdiri dari necklace dan cincin berlian alias ladies ring.
Atau, Anda juga memilih koleksi Infinity yang memiliki arti tidak terhingga atau terus-menerus dan tidak pernah habis. Jadi, koleksi ini bisa menjadi ide baik untuk menyambut hari Valentine. Tidak hanya untuk pasangan Koleksi Infinity ini bisa kamu berikan untuk menghadiahi diri sendiri.
Infinity ibarat harapan cinta yang langgeng hingga maut memisah. Karenanya THE PALACE Jeweler menghadirkan 5 cincin berlian wanita, 5 liontin, dan 1 anting-anting berlian dengan menggunakan diamond H-VS dengan harga mulai dari Rp 2,4 juta saja.
The PALACE Jeweler juga punya koleksi perhiasan lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera pasangan. Misalnya, Moela Collection yang punya desain kekinian dengan harga mulai dari Rp 888 ribu saja. Deretan perhiasan emas dan diamond jewellery ini memang dirancang untuk mereka yang berjiwa muda.

Terdapat berbagai ragam koleksi yang bisa Anda pilih: Bermoela dengan satu butir berlian Solitaire berukuran 0,010 – 0,020 carat; Kamoela buat Anda yang suka tampil feminin karena ia bermahkotakan satu butir berlian Solitaire; dan Trimoela dengan desain tiga butir berlian berderet, menjadikannya exclusive diamond jewellery.

Anda juga bisa memilih Lovela yang hadir dengan desain “love” pada anting-anting berlian, cincin berlian, liontin berlian, dan kalung berlian; serta Modela sebagai unique diamond ring dengan aksen segitiga dan heksagonal yang tegas.

3. Nonton konser berdua

Bertahun-tahun mengarungi kehidupan pernikahan, Anda pasti sudah paham jenis musik, penyanyi, atau band favorit pasangan. Karenanya, cobalah untuk memberikan kejutan spesial dengan membelikan tiket menonton konser berdua saja.

Datang ke konser musik bisa membuka kembali ruang percakapan antara pasangan. Tidak hanya itu, bahkan sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa menonton konser bisa jadi cara menurunkan stres hormon dan mengurangi rasa sakit.

4. Agendekan liburan berdua

Ilustrasi pasangan menikah yang berlibur bersama. Foto: Rachata Teyparsit/Shutterstock

Sebagian pasangan merasakan kebosanan karena tidak ada lagi hal baru yang bisa mereka lakukan. Anda bisa mengajak pasangan ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya untuk mengatasi hal ini.

Pemandangan indah, udara yang lebih segar, waktu luang bersama, dan suasana yang tenang bisa membangun kembali kedekatan. Ajukan ide ini ke pasangan dan tanyakan tempat yang paling ingin ia tuju.

Sebagai tantangan, coba untuk membuat rules agar Anda dan pasangan tidak selalu mengecek ponsel atau gadget lain saat berlibur. Bawalah beberapa games, persiapkan film untuk ditonton, atau hal menarik lainnya selama liburan.

5. Makan di tempat first date

Menghidupkan kembali momen awal jatuh cinta jadi salah satu cara terbaik untuk berhubungan kembali satu sama lain. Cobalah kembali ke tempat yang Anda kunjungi pada kencan pertama.

Bicarakan kenangan soal pikiran dan perasaan yang muncul saat pertama kali bertemu. Ceritakan ke pasangan harapan awal Anda saat membangun hubungan. Coba pula mengingat makanan dan minuman yang kalian pesan saat awal berkencan.

Gimana, sudahkah menemukan ide untuk mendekatkan kembali hubungan Anda dengan pasangan? Jangan lupa untuk memberikan hadiah terbaik dari THE PALACE Jeweler karena mereka merupakan merupakan “National Jeweler” dan mengusung konsep terlengkap, terjangkau, dan terjamin yang memiliki tagline 3T “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin”.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

by admin admin No Comments

PLN mencatat penjualan listrik di Bali 2023 tumbuh 16,16 persen 

Peningkatan ini dipicu pemulihan perekonomian khususnya di sektor pariwisata yang telah bangkit setelah pandemi COVID-19.

Denpasar (ANTARA) –

PT PLN (Persero) mencatatkan pertumbuhan penjualan tenaga listrik di Bali sebesar 16,16 persen, yakni mencapai 6.354,53 gigawatt hour (GWh) sepanjang tahun 2023.

 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana, di Denpasar, Rabu, menjelaskan peningkatan ini dipicu adanya pemulihan perekonomian khususnya di sektor pariwisata yang telah bangkit setelah pandemi COVID-19 melanda.

 

“Beberapa pelanggan premium PLN yang sebelumnya mengajukan penurunan daya akibat terdampak pandemi COVID-19, kini sekitar 97 persen telah kembali pulih ke daya semula,” katanya pula.

 

Menurut Udayana, peningkatan penjualan listrik di Bali dipicu oleh adanya kegiatan pariwisata yang makin menggeliat serta banyaknya rute penerbangan, baik domestik dan internasional yang telah dibuka kembali.

 

Penjualan tenaga listrik di sektor pariwisata yang terdiri dari industri perhotelan dan kawasan hiburan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2022 yakni sebesar 24.06 persen atau 2.933, 54 GWh.

 

Tak hanya faktor eksternal yang turut menyumbang kenaikan penjualan tenaga listrik, namun juga berbagai strategi pemasaran PLN mampu berkontribusi terhadap tren positif tersebut.

 

“PLN secara agresif melakukan penetrasi pasar melalui program-program, antara lain electrifying agriculture, electrifying lifestyle, dan electrifying tourism yang dihadirkan untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dan pelaku usaha dalam memperoleh akses listrik dan meningkatkan produktivitas,” katanya menjelaskan.

 

Tak hanya itu, dirinya juga menambahkan bahwa banyaknya kegiatan meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) yang makin meningkat di Bali ikut menyumbangkan peningkatan penjualan tenaga listrik.

 

“Kami memiliki program layanan pesta atau penyambungan sementara, yang diperuntukkan bagi pelanggan yang ingin melakukan kegiatan tanpa perlu repot menyewa atau mendatangkan genset untuk memperoleh listrik,” katanya lagi.

 

Selain itu, adanya promo tambah daya yang diluncurkan dalam menyambut event tertentu selama tahun 2023, ikut mendorong peningkatan penjualan tenaga listrik.

 

“PLN hadir untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat dan diharapkan berbagai program yang telah diluncurkan mampu memberikan sumbangsih terhadap pembangunan khususnya di wilayah Bali,” kata Udayana pula.

Baca juga: PLN Bali kampanyekan kendaraan listrik dorong transisi energi
Baca juga: PLN Bali catat nihil kecelakaan kerja di tahun 2023

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

by admin admin No Comments

Survei Terbaru Capres dan Cawapres Pilpres 2024: Prabowo-Gibran 52,9%

Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Point Indonesia merilis survei terkait elektabilitas peserta Pilpres 2024. Elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli pasangan lain.

Hasil survei ini dipaparkan oleh CEO Point Indonesia, Karel H Susetyo, Rabu (31/1/2024). Teknik sampling dalam survei ini adalah telesurvey random digit dialing.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.500 responden dengan margin of error +- 2,53%. Pengumpulan data melalui pembangkitan nomor mobile phone, waktu pelaksanaan survei 26-28 Januari 2024.

Prabowo-Gibran berada di urutan pertama berdasarkan hasil survei Point Indonesia. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi kedua, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Hasilnya:
Prabowo-Gibran: 52,9%
Anies-Cak Imin: 22,7%
Ganjar-Mahfud Md: 19,1%
Belum punya pilihan: 5,3%

“Melihat data ini sebenarnya data bisa mengatakan bahwa pemilu akan terjadi 1 putaran saja,” kata Karel H Susetyo

“Artinya satu putaran itu dimenangkan Prabowo-Gibran,” imbuhnya.

Karel menjelaskan mengapa elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dan berjarak begitu jauh dengan pasangan lainnya. Menurutnya, usai debat Pilpres 2024, pemilih sudah menentukan pilihannya.

“Kalo menurut kami, analisa kami, debat capres-cawapres sudah mulai berakhir publik atau pemilih sudah menentukan pilihannya,” imbuhnya.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)

by admin admin No Comments

Wakil Rektor ITB: Penerima Pinjaman Danacita Hanya 10 Mahasiswa

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Abduh mengungkapkan jumlah penerima pinjaman (borrower) di fintech peer-to-peer lending PT Inclusive Finance Group alias Danacita hanya sedikit.

“Sebagai informasi, yang meminjam pun tidak banyak, hanya 10 orang,” ungkap Abduh dalam konferensi pers yang dipantau secara daring pada Rabu, 31 Januari 2024. 

Dia membeberkan semua borrower tersebut baru mengambil pinjaman di Danacita sejak bulan ini, meskipun kerja sama ITB dengan Danacita sudah dimulai sejak Agustus 2023. 

Adapun kebanyakan peminjam adalah mahasiswa pascasarjana ITB. Abduh menuturkan, mahasiswa pascasarjana memiliki uang kuliah tunggal (UKT) yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa sarjana atau S-1. 

“Jadi, Danacita ini bukan pasarnya buat orang tua atau mahasiswa-mahasiswa yang ekonominya lemah. Insya Allah yang mempunyai permasalahan ekonomi, ITB akan membantu,” tutur Abduh. 

Sebelumnya ramai diberitakan ITB menggandeng Danacita dalam menawarkan cicilan uang kuliah mahasiswa. Lewat foto yang beredar di media sosial, disebutkan peminjaman dana diajukan tanpa DP dan jaminan apapun.

Mahasiswa bisa memilih opsi pembayaran dalam jangka waktu 6 bulan atau 12 bulan. Tapi, pinjaman ini memiliki bunga.

Scroll Untuk Melanjutkan

Misalnya jika peminjam mengajukan dana senilai Rp 12,5 juta dengan tenor selama 12 bulan, maka peminjam harus membayar Rp 1.291.667 per bulan. 

Hal ini lantas menuai protes. Salah satunya karena tidak sesuai dengan amanat UU Dikti.

“Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak Mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik,” tulis Pasal 76 Ayat 1 beleid tersebut.

Ayat berikutnya menjelaskan pemenuhan hak mahasiswa tersebut dilakukan dengan memberikan: beasiswa kepada mahasiswa berprestasi; bantuan atau membebaskan biaya pendidikan; dan/atau pinjaman dana tanpa bunga yang wajib dilunasi setelah lulus dan/atau memperoleh pekerjaan. 

AMELIA RAHIMA | DEFARA DHANYA

Pilihan Editor: Mahasiswa ITB Tunggak UKT, Kemendikbud Dituntut Rasional Berikan Target ke Kampus

by admin admin No Comments

Ini Sosok Pengganti Mahfud MD Usai Resmi Mundur dari Menkopolhukam

Suara.com – Mahfud MD secara resmi mengundurkan diri dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). Mahfud MD sendiri bakal menyerahkan surat resign-nya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lantas siapa sosok pengganti Mahfud MD?

Menanggapi hal ini Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menyampaikan akan menunggu arahan dari Presiden Jokowi terlebih dahulu.

“Ketika bapak presiden memberikan persetujuan tentu ada keppres-nya juga untuk pemberhentian. Dan selanjutnya menunggu arahan presiden mengenai pengisian posisi Menkopolhukam,” kata Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Ari mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi akan mencari pengganti Mahfud MD secepat mungkin, tanpa harus menunggu Pemilu 2024 berakhir.

“Secepatnya dong, kalau roda kepemimpinan dan juga dalam pelaksanaan tugas kemenko harus ada yang harus apa Plt menko yang menjalankan itu atau itu kan harus jalan, jadi tidak menunggu pemilu berakhir,” ujar dia.

Saat ditanya apakah nanti pengganti Mahfud MD akan berasal dari tokoh parpol atau profesional, Ari enggan menjawabnya.

“Ya pak menko saja belum menyampaikan suratnya, kita sudah berpikir soal pengganti,” kata dia.

Sebelumnya, Mahfud MD secara resmi mengumumkan mundur dari Menkopolhukam. Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03 ini akan segera memberikan surat resign-nya kepada Presiden Jokowi secara langsung.

Hal itu disampaikan Mahfud melalui live streaming di sela-sela kunjungannya di Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

“Saat ini saya berada di Pura Ulundano, Lampung. Pura ini ada di tengah Danau Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah. Nah, hari ini saya ingin menjawab semua pertanyaan siang malam sejak tangga 23 Januari itu saya menginformasikan dari Lampung juga bahwa saya membenarkan Pak Ganjar Pranowo bahwa paslon itu supaya mundur, termasuk Pak Mahfud,” kata Mahfud.

Ia mengatakan, dirinya sudah sejak lama bersepakat dengan capresnya Ganjar untuk mundur dari jabatannya tersebut.

“Saya katakan saya memang sudah lama bersepakat dengan Pak Ganjar untuk mundur, tapi nunggu momentum. Momentum itu apa? Momentum itu, ya, satu momen, situasi yang tepat dan itu harus disusun melalui pembicaraan-pembicaraan saya dengan Mas Ganjar, dengan partai-partai pengusung, yang bekerja sama mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud,” tuturnya.

Menurutnya ia juga sudah berbicara dengan pihak Istana. Mahfud sendiri masih membawa surat resign-nya tersebut dan akan disampaikan langsung ke Jokowi ketika bertemu.

Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik, dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapatkan jadwal ketemu dengan Presiden,” ujarnya.

“Tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini,” sambungnya.